Berikut ini visualisasi cara pemakaian rukuh / mukenah yang benar, sebagaimana hasil Bahtsul Masail ke-2 FMP3 (Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri) se-Jawa Timur, di Ponpes Putri Al-Hikmah Al-Badriyah Purwoasri Kediri.
Pada umumnya para muslimah dalam memakai mukena/rukuh ketika shalat, masih ada yang tidak tertutup, terutama yang memakai mukena potongan. Anggota badan yang tidak tertutup biasanya adalah bagian bawah dagu, pergelangan tangan saat diangkat dan betis bagi wanita ketika ia sujud.
Menurut pendapat yang kuat dalam madzhab Syafi’i, dalam shalat perempuan wajib menutup anggota badannya, selain wajah dan tangan sampai pergelangan, dengan perkara yang dapat menyembunyikan warna anggata badan tersebut. Anggota badannya harus tidak nampak ketika dilihat dari segala arah, kecuali dari bawah. Maka misalnya seorang perempuan melakukan shalat di tempat tinggi, dan bagian yang harus ditutupi nampak dari bawah, maka hal ini tidak berakibat batalnya shalat. Dalam Hasyiah Al-Jamal; 1/409 disebutkan:
(و) ثالثها (ستر عورة) ولو خاليا في ظلمة(بما) أي : بجرم (يمنعإدراك لونها) من أعلى(وجوانب) لها لا منأسفلها فلو رئيت منذيله كأن كان بعلووالرائي أسفل لم يضرذلك.
Namun demikian, jika bagian yang wajib ditutupi itu terlihat dari bawah saat ia rukuk atau sujud, maka hal ini dapat membatalkan shalat, sebab nampaknya bagian tersebut bukan dari bawah, sebab yang dimaksud shalat tidak batal ketika bagian yang wajib ditutupi telihat dari bawah adalah nampak dari bawah baju yang menutupi aurat secara umum. Dalam Bughyatul Mustarsyidin; 51 disebutkan:
يشترط الستر من أعلاهوجوانبه لا من أسفلهالضمير فيها عائد إماعلى الساتر أو المصلي،والمراد بأعلاه على كلاالمعنيين في حق الرجلالسرة ومحاذيها، وبأسفله الركبتان ومحاذيهما،وبجوانبه ما بين ذلك،وفي حق المرأة بأعلاهما فوق رأسها ومنكبيهاوسائر جوانب وجهها، وبأسفلهما تحت قدميها، وبجوانبهما بين ذلك، وحينئذلو رؤي صدر المرأةمن تحت الخمار لتجافيهعن القميص عند نحوالركوع، أو اتسع الكمّبحيث ترى منه العورةبطلت صلاتها، فمن توهمأن ذلك من الأسفلفقد أخطأ، لأن المرادبالأسفل أسفل الثوب الذيعم العورة، أما ماستر جانبها الأعلى فأسفلهمن جانب العورة بلاشك كما قررناه
Hal ini juga berlaku pada nampaknya pergelangan tangan saat diangkat, betis dan telapak kaki saat sujud. Dalam Hasyiah Jamal; 1/411 disebutkan:
(قوله غير وجه وكفين) شمل ما لو كانالثوب ساترا لجميع القدمينوليس مماسا لباطن القدمفيكفي الستر به لكونالأرض تمنع إدراك باطنالقدم فلا تكلف لبسنحو خف خلافا لماتوهمه بعض ضعفة الطلبةلكن يجب تحرزها فيسجودها وركوعها عن ارتفاعالثوب عن باطن القدمفإنه مبطل فتنبه لها هـ عش على مر
Sedangkan untuk bagian bawah dagu yang nampak, maka ini jelas membatalkan karena ia adalah bagian yang wajib ditutupi saat shalat, dalam Qurratul ‘Ain Bi Fatawa Syeikh Ismail Az-Zain; 59 disebutkan:
وقد وقع كثيرا انكشافما تحت الذقن منبدن المرأة حال صلاتهاوطوافها فهل تعذر فيذلك لكونه من أسفلأم يضر ذلك أفتونارحمكم الله فالمسألة واقعةحال فأقول وبالله التوفيق:انكشاف ما تحت الذقنمن بدن المرأة فيحال الصلاة والطواف يضرفيكون مبطلا للصلاة والطواف
Dalam masalah terbukanya pergelangan tangan dari arah bawah saat tangan lurus kebawah (tidak dalam keadaan diangkat) menurut kitab Al-I’ab dan pendapat imam Romli hukum shalatnya diangap sah. Dalam Bughyatul Mustarsyidin; 51 disebutkan:
قال في حاشية الكرديوفي الإمداد: ويتردد النظر فيرؤية ذراع المرأة منكمها مع إرسال يدها،استقرب في الإيعاب عدمالضرر، بخلاف ما لوارتفعت اليد، ويوافقه فيما في فتاوى
Selain itu menurut pendapat madzhab Hanafi, terlihatnya bagian anggota tubuh yang wajib ditutupi, apabila tidak melebihi seperempat, maka tidak membatalkan shalat. Dalam Minah al-Jalil; 1/452 disebutkan:
( وَبَدَنُالْحُرَّةِ كُلُّهَا عَوْرَةٌ , إلَّا وَجْهَهَا وَكَفَّيْهَا) لِقَوْلِهِ عليه الصلاة والسلام{ الْمَرْأَةُ عَوْرَةٌ مَسْتُورَةٌ } وَاسْتِثْنَاءُ الْعُضْوَيْنِ لِلِابْتِلَاءِ بِإِبْدَائِهِمَا . قَالَ رضي اللهعنه : وَهَذَا تَنْصِيصٌ عَلَىأَنَّ الْقَدَمَ عَوْرَةٌ , وَيُرْوَى أَنَّهَا لَيْسَتْ بِعَوْرَةٍ وَهُوَ الْأَصَحُّ . ( فَإِنْصَلَّتْ وَرُبْعُ سَاقِهَا أَوْ ثُلُثُهُ مَكْشُوفٌتُعِيدُ الصَّلَاةَ ) عِنْدَ أَبِي حَنِيفَةَوَمُحَمَّدٍ رحمهما الله ( وَإِنْكَانَ أَقَلَّ مِنْ الرُّبْعِلَا تُعِيدُ , وَقَالَ أَبُو يُوسُفَرحمه الله : لَا تُعِيدُإنْ كَانَ أَقَلَّ مِنْالنِّصْفِ ) لِأَنَّ الشَّيْءَ إنَّمَايُوصَفُ بِالْكَثْرَةِ إذَا كَانَ مَايُقَابِلُهُ أَقَلَّ مِنْهُ
Menurut salah satu pendapat dalam madzhab Maliki, terlihatnya bagian-bagian tersebut dalam shalat tidak menyebabkan batalnya shalat karena bagian itu bukan termasuk aurat dalam shalat. Dalam Inarah Ad-Duja; 92 disebutkan:
قلت والمعول عند المالكيةفي العورة المطلوب سترهاعن الأعين إلى أنقال وأن العورة عندهمبالنسبة للصلاة ولو فيخلوة إما مغلظة أومخففة إلى أن قال...والمغلظة من الحرة بطنهاوساقاها وما بينهما وماحاذى ذلك من خلفهاوالمخففة منها صدرها وماوالاه من خلفها وأطرافهاكظهور قدميها وذراعيها وشعرهاوكفيها وما فوق منحرهافتعيد لكشف شيء منالمغلظة وجوبا أبدا إلاالساق فتعيد لكشفه ندبافي الوقت على الظاهرخلافا للزرقاني القائل بأنها تعيدفي الساق أبدا وجوباوتعيد لكشف شيء منالمخففة ندبا في الوقتوأما كوعها فليس منعوراتها وبطون قدميها وإنكان من عورتها لاتعيد لهما
Oleh karenanya, bagi wanita muslimah yang menggunakan mukena dengan resiko terlihatnya aurat sebagaimana dimaksud dalam pertanyaan, diharapkan merubah cara pemakiannya sehingga dapat menutup semua auratnya atau dalam kondisi terpaksa dapat mengikuti beberapa pendapat sebagaimana penjelasan diatas. Dalam Qurratul ‘Ain Bi Fatawa Syeikh Ismail Az-Zain; 59 disebutkan:
وأما عند غيرهم كالسادةالحنفية والسادة المالكية فإنما تحت الذقن ونحوهلا يعد كشفه منالمرأة مبطلا للصلاة كمايعلم ذلك من عباراتكتب مذاهبهم وحينئذ لووقع ذلك من العامياتاللاتي لم يعرفن كيفيةالتقيد بمذهب الشافعية فإنصلاتهن صحيحة لان العاميلا مذهب له وحتىمن العارفات بمذهب الشافعي إذاأردن تقليد غير الشافعيممن يرى ذلك فإنصلا تهن تكون صحيحةلأن أهل المذاهب الأربعةكلهم على هدى فجزاهمالله عنا خير الجزاءوبذلك يعلم أن هذهالمسألة التي وقع السؤالعنها هي في موضعخلاف بين ائمة المذاهبوليست من المجمع عليهوالحمد لله الذي جعلفي الأمور سعة
Berikut Ilustrasi Pemakaian Mukena yang benar menuru Syafi’iyyah:
Sumber : hasil Bahtsul Masail ke-2 FMP3 (Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri) se-Jawa Timur, di Ponpes Putri Al-Hikmah Al-Badriyah Purwoasri Kediri.
Tidak ada komentar:
Write komentar