بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحمٰنِ الرَّحِيْمِ ، اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ ، وَصَلَّى اللّٰهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَآلِهِ الطَّاهِرِيْنَ وَصَحَابَتِهِ أَجمَعِيْنَ
Nabi Muhammad Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam memiliki nasab dengan nama lengkapnya adalah Sayyidina Muhammad bin Sayyid Abdullah bin Abdul Mutthallib (yang juga dipanggil dengan nama Syaibatul Hamd) bin Hasyim (yang namanya Amr) bin Abdu Manaf (yang namanya Al-Mughirah) bin Qushayy (yang namanya Zaid, ada juga yang menyebutkan Mujammi’) bin Kilab (yang namanya Hakim) bin Murrah bin Ka’b bin Luayy bin Ghalib bin Fihr (yang namanya Quraisy dan menjadi cikal bakal nama kabilah suku Quraisy) bin Malik bin An-Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah (yang namanya Amir) bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan.
Nasab ini diambil dari sabda Nabi shollallohu ‘alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam ketika beliau shollallohu ‘alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam memberitahukan tentang identitasnya melalui nasabnya. Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam menyebutkan sampai 20 atau 21 silsilah nasabnya, berbeda dengan kita yang biasanya hanya menyebutkan Fulan bin Fulan. Ini menunjukan betapa petingnya nasab seseorang.
Imam Al-Baihaqi meriwayatkan dalam Dalail An-Nubuwwah, dari Anas radhiyallohu ‘anhu berkata, Nabi shollallohu ‘alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam menyampaikan khutbah lalu bersabda:
أَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِّبِ بْنِ هَاشِمِ بْنِ عَبْدِ مَنَافِ بْنِ قُصَيِّ بْنِ كِلابِ بْنِ مُرَّةَ بْنِ كَعْبِ بْنِ لُؤَيِّ بْنِ غَالِبِ بْنِ فِهْرِ بْنِ مَالِكِ بْنِ النَّضْرِ بْنِ كِنَانَةَ بْنِ خُزَيْمَةَ بْنِ مُدْرِكَةَ بْنِ إِلْيَاسَ بْنِ مُضَرَ بْنِ نِزَار بْنِ مَعَدِ بْنِ عَدْنَانْ. وَمَا افْتَرَقَ النَّاسُ فِرْقَتَيْنِ إِلاَّ جَعَلَنِي اللّٰهُ فِيْ خَيْرِ هِمَا فأَخْرَجْتُ مِنْ بَيْنِ أَبَوَيْ ، فَلَمْ يُصِبْنِي شَيْئٌ مِنْ عُهَرِ الْجَاهِلِيَّةِ ، وَخَرَجْتُ مِنْ نِكَاحٍ وَلَمْ أَخْرُجْ مِنْ سِفَاحٍ مِنْ لَدُنْ آدَمَ حَتَّى انْتَهَيْتُ إِلَى أَبِيْ وَأُمِّيْ ، فَأَنَا خَيْرُكُمْ نَسَبًا وَخَيْرُكُمْ أَبًا
“Saya adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Mutthallib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushayy bin Kilab bin Murrah bin Ka’b bin Luayy bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An-Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan. Tidaklah manusia terbaik menjadi dua kelompok (nasab) melainkan Allah subhanahu wa ta’ala menempatkanku di kelompok yang terbaik lalu aku terlahir diantara kedua orangtuaku, aku tidak pernah tersentuh oleh perzinaan jahiliyah, aku terlahir dari pernikahan bukan dari perzinaan sejak Nabi Adam hingga sampai pada ayah dan ibuku, karena itu aku adalah yang terbaik nasab dan ayahnya diantara kalian.”
Asy-Syahid Syaikh Muhammad Said Ramadhan Al Buthi dalam Fiqh As-Sirah An-Nabawiyyah menyatakan bahwa nasab Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam inilah yang disepakati oleh para ulama. Adapun tentang kelanjutan silsilah nasab Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam di atas Adnan, maka para ulama masih bersilang pendapat. Dari pendapat-pendapat yang ada, tidak ada satu pun yang dapat dianggap paling shahih. Akan tetapi, semua ulama sepakat menyatakan bahwa Adnan memang keturunan langsung dari Ismail bin Khalilullah Ibrahim ‘alaihimas salam.
Imam Muslim dalam Shahih Muslim menyebutkan,
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مِهْرَانَ الرَّازِيُّ وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ سَهْمٍ جَمِيعًا عَنْ الْوَلِيدِ قَالَ ابْنُ مِهْرَانَ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ عَنْ أَبِي عَمَّارٍ شَدَّادٍ أَنَّهُ سَمِعَ وَاثِلَةَ بْنَ الْأَسْقَعِ يَقُولُا سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى كِنَانَةَ مِنْ وَلَدِ إِسْمَعِيلَ وَاصْطَفَى قُرَيْشًا مِنْ كِنَانَةَ وَاصْطَفَى مِنْ قُرَيْشٍ بَنِي هَاشِمٍ وَاصْطَفَانِي مِنْ بَنِي هَاشِمٍ
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Mihran Ar Raazi dan Muhammad bin Abdurrahman bin Saham seluruhnya dari Al Walid. Ibnu Mihran berkata; Telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim; Telah menceritakan kepada kami Al Auza’i dari Abu Ammar Saddad bahwa dia mendengar Watsilah bin Asqa’ berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah telah memilih Kinanah diantara anak keturunan Ismail, dan Dia telah memilih Quraisy diantara Kinanah, dan memilih Hasyim diantara Quraisy, dan memilih aku diantara Bani Hasyim.”
Jadi, terlihat jelas bahwa Allah subhanahu wa ta’ala sengaja memilih Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam dari nasab pilihan, dari kabilah yang paling bersih, garis keturunan paling suci yang sama sekali tidak dikotori noda jahiliah, suci dari kotoran syirik dan kekafiran, tidak ada diantara mereka yang kafir karena orang kafir itu tidaklah layak disebut sebagai manusia terbaik, mulia, suci atau bersih, tetapi najis.
Dengan melihat nasab Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam, kita juga dapat menemukan bukti nyata, betapa sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala telah mengistimewakan bangsa Arab di atas bangsa-bangsa lain di dunia, sekaligus mengistimewakan suku Quraisy di atas semua suku Arab lainnya. Hal ini juga ditegaskan dalam berbagai hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Imam Turmudzi, dan lain sebagainya.
Ketahuilah, kecintaan terhadap Nabi Muhammad Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam menuntut adanya kecintaan kepada kaum dan kabilah asal kelahiran beliau shollallohu ‘alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam. Karena, secara hakiki, bangsa Arab khususnya suku Quraisy memang memiliki kedudukan yang mulia disebabkan Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam berasal dari kalangan mereka. Kemuliaan ini tentu tidak gugur begitu saja ketika kita melihat ada orang Arab atau orang Quraisy yang melakukan kejahatan atau penyimpangan dari jalan yang lurus sehingga membuatnya terjerembab dari kedudukan mulia yang telah Allah subhanahu wa ta’ala pilihkan bagi hamba-hambaNya yang mulia. Karena penyimpangan seperti itu sebenarnya akan memutuskan pelakunya dari hubungan nasab dengan Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa alihi wa shohbihi wa sallam.
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اَصْحَابِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اَنْصَارِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اَزْوَاجِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اَتْبَاعِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى ذُرِّيَّةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا
فقه السيرة النبوية مع موجز لتاريخ الخلافة الراشدة للدكتور محمد سعيد رمضان البوطينسبه صلى الله عليه وسلم وولادته ورضاعته :أما نسبه صلى الله عليه وسلم ، فهو محمد بن عبد الله بن عبد المطلب ، ويدعى شيبة الحمد ، ابن هاشم ابن عبد مناف واسمه المغيرة ، ابن قصى واسمه زيداً ، ابن آلاب بن مرة بن آعب بن لؤى بن غالب بن فهر بن مالك بن النضر بن كنانة بن خزيمة بن مدركة بن الياس بن مضر بن نزار بن معد بن عدنانفهذا القدر المتفق عليه من نسبه الشريف صلى الله عليه وسلم . أما ما فوق ذلك فمختلف فيه ، لا يعتمد عليه فى شىء . غير أن مما لا خلاف فيه أن عدنان من ولد إسماعيل نبى الله ابن إبراهيم خليل الله عليهما الصلاة و السلام ، وأن الله عز وجل قد إختاره من أزكى القبائل وأفضل البطون وأطهر الأصلاب ، فما تسلل شىء من أدران الجاهلية الى شىء من نسبه صلى الله عليه وسلم . روى مسلم بسنده عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال : إن الله إصطفى كنانة من ولد إسماعيل واصطفى قريشاً من كنانة واصطفاى هاشما من قريش واصطفانى من بنى هاشم .…العبر و العظات :يؤخذ هذا المقطع من سيرته صلى الله عليه وسلم مبادىء وعظات هامة نجملها فيما يلىفيما أوضحناه من نسبه صلى الله عليه وسلم دلالة واضحة على أن الله سبحانه وتعالى ميز العرب على سائر الناس ، وفضل قريش على سائر القبائل الخرى ، تجد هذه الدلالة واضحة فى الحديث الذى رويناه عن مسلم ، وقد وردت أحاديث كثيرة أخرى ، فمن ذلك ما رواه الترمذى أنه صلى الله عليه وسلم قام على المنبر فقال : من أنا ؟ فقالوا أنت رسول الله عليك السلام ، فقال أنا محمد بن عبد الله بن عبد المطلب ، إن الله خلق الخلق وجعلهم فرقتين فجعلنى فى خيرهم فرقة ، ثم جعلهم قبائل فجعلنى فى خيرهم قبيلة ، ثم جعلهم بيوتا فجعلنى فى خيرهم بيتاً وخيرهم نفساً .واعلم أن مقتضى محبة رسول الله صلى الله عليه وسلم ، محبة القوم الذين ظهر فيهم و القبيلة التى ولد فيها ، لا من حيث الأفراد و الجنس بل من حيث الحقيقة المجردة . ذلك لأن الحقيقة العربية القرشية ، قد شرف كل منها – ولا ريب – بانتساب رسول الله صلى الله عليه وسلم إليهاولا ينافى ذلك ما قد يلخق من سوء بكل من قد إنحرف من العرب و القرشيين عن صراط الله عز وجل ، وانحط عن مستوى الكرامة الإسلامية التى إختارها الله لعباده ، لأن هذا الإنحراف أو الإنحطاط من شأنه أن يودى بما كان من نسبة بينه وبين الرسول صلى الله عليه وسلم ويلغيها من الإعتبار
Tidak ada komentar:
Write komentar