HUKUM MEMBATALKAN PUASA KAFFARAT SUMPAH

 


PERTANYAAN :
kalau memang org yg berpuasa krn bayar kafarat sumpah haram membatalkan...apakah ada yg berpendapat boleh menggagalkan..atau andai menggalkn apakh termsuk kata gori dosa besar?
JAWABAN :
Hukumnya sama dengan membatalkan puasa qodlo romadlon, puasa kafarot jika krena sebab perkara yg di haramkan maka hrus segera di lakukan (faur) dan tidak boleh di batalkan,tp jika krena sebab perkara yg tidak di haramkan seperti qotlil khotho,maka tidak harus segera di lakukan (at tarookhii) dan menuru qoul ashoh tidak boleh di batalkan. Sedang hukum membatalkan puasa yg tidak harus segera di lakukan (at tarokhi),ada dua pendapat :
- pendapat pertama membolehkan,pndapat ini di dukung oleh imam qofal,imam ghozali,baghowi.
- pendapat kedua yaitu menurut qoul ashoh hukumya tiak bopleh di batalkan,pnapat ni telah i manshush dlm kitab al um an i ukung imam rouyanidlm kitab al hulliyah.dan ini pendapat mayoritas ulama.
Membatalkan puasa kafarot jika karena sebab yang di haramkan maka hukumnya sperti halnya qoldlo puasa yg harus segera di lakukan maka tidak boleh membatalkan. Sedang jika karena perkara yg tidak di haramkan seperti karena qotlil khotho' maka tidak harus segera di lakukan dan menurut qoul asoh tidak boleh membatalkan puasanya. Ibarot:
و قال الرافعي فى باب اول صوم التطوع:لو شرع فى صوم قضأ رمضان فإن كان القضأ على الفور لم يجز الخروج منه و إن كا ن على التراخي فوجهان:(أحدهما) يجوز,قله القفال و قطع الغزالي و البغوي و طائفة (و أصحهما):لا يجوز وهو المنصوص فى لأم و به قطع الروياني فى الحلية,وهو مقتضى كلام الأكثرين:لأنه تلبس بالفرض,و لا عذر قطعه فلزمه إتمامه,كما لو شرع فى الصلاة فى اول الوقت قال:و أما صوم الكفارة فما لزم بسبب محرم,فهو كالقضأ الذي على الفور و ما لزم بسبب غير محرم كقتل الخطإ فكالقضإ الذي على التراخي,و كذا النذر المطلق.قال:و هذا كله مبني على المذهب وهو انقسام القضإ الى واجب على الفور,و هو ما عصى بتأخيره و إلى واجب على التراخي وهو ما لم يعص بتأخيره,و لنا وجه:أن القضأ على التراخي مطلقا.هذا أخر كلام الرافعي
المجموع شرح المهذب ج ٢ ص ٣٦٣

>>Puasa 3 hari secara berturut-turut karena Kafarat Sumpah adalah WAJIB jika tidak memilih memberi makan atau pakaian kepada 10 orang miskin atau memerdekakan budak. DALIL :
لَا يُؤَاخِذُكُمُ اللَّهُ بِاللَّغْوِ فِي أَيْمَانِكُمْ وَلَكِنْ يُؤَاخِذُكُمْ بِمَا عَقَّدْتُمُ الْأَيْمَانَ فَكَفَّارَتُهُ إِطْعَامُ عَشَرَةِ مَسَاكِينَ مِنْ أَوْسَطِ مَا تُطْعِمُونَ أَهْلِيكُمْ أَوْ كِسْوَتُهُمْ أَوْ تَحْرِيرُ رَقَبَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ ذَلِكَ كَفَّارَةُ أَيْمَانِكُمْ إِذَا حَلَفْتُمْ وَاحْفَظُوا أَيْمَانَكُمْ كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, maka kaffarat (melanggar) sumpah itu, ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barang siapa tidak sanggup melakukan yang demikian, maka kaffaratnya puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarat sumpah-sumpahmu bila kamu bersumpah (dan kamu langgar). Dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan kepadamu hukum-hukum-Nya agar kamu bersyukur (kepada-Nya). (QS. Al-Maa'idah 89).
Sebagaimana puasa-puasa wajib lainnya, maka HARAM / DOSA BESAR apabila iftor/membatalkan puasa tanpa ada UDZUR. dan WAJIB mengulang kembali dari awal apabila membatalkan puasa selain iftor sebab SAKIT menurut salah satu qoul syafi'iyah, sedangkan qoul syafi'iyah lainnya menyatakan tetap wajib mengulang puasa dari awal baik udzur sakit atau udzur lain, Apalagi tanpa udzur. Ibarot dari AL-MAJMU' :
الصوم (مسألة) قوله " وان أراد أن يكفر بالصيام الخ " الى أن قال
فعلى هذا إن أفطرت المرأة لحيض أو مرض، أو الرجل لمرض لم ينقطع التتابع.
وفي أحد القولين عندنا ينقطع في المرض ولا ينقطع في الحيض، وقال أبو حنيفة ينقطع فيهما لان التتابع لم يوجد وفوات الشرط يبطل به المشروط.
وقال أحمد وأبو ثور إسحاق: كل عذر يبيح الفطر أشبه الحيض في كفارة القتل فلا يقطع التتابع.
fokus :
فعلى هذا إن أفطرت المرأة لحيض أو مرض، أو الرجل لمرض لم ينقطع التتابع
وفي أحد القولين عندنا ينقطع في المرض ولا ينقطع في الحيض

وقال أحمد وأبو ثور إسحاق: كل عذر يبيح الفطر أشبه الحيض في كفارة القتل فلا يقطع التتابع

Tidak ada komentar:
Write komentar