PERTANYAAN :
1.mohon penjelasanya tentang alasan Kenapa si mayit harus di sucikan dulu sebelum di sholati,,?
2.atau mungkin ada qoul yg membolehkan sholat ketika si mayit belum disucikan,, ma'af maksudnya bukan di krnakan ada udzur,, seperti mati syahid, kebakaran, atau tertimpa bangunan,, dll
3.apakah karna kesucian si mayit,, yg menyebabkan sambung tidaknya suatu amalan,,?
JAWABAN :
Semua ulama Madzhab arba’ah (Hanafi, Maliki, hambali dan syafi’i) sepakat bahwa memandikan mayat hukumnya Fardhu Kifaayah, hanya saja memang ada di kalangan sebagian dari Madzhab Maliki yang menghukuminya sunah namun yang pendapat yang mashur dikalangan Madzhab tersebut hukumnya juga Fardhu Kifaayah
Untuk menjawab pertanyaan di atas mohon koreksinya,,,,
1.Karena demikianlah yang MANQUUL (di nuqil) dari Nabi Muhammad SAW sehingga bila janazah tidak memungkinkan di mandikanpun semisal adanya janazah dalam kubangan yang sulit di keluarkanuntuk dimandikan maka mayit juga tidak boleh di sholati, misalkan ada air tapi cuma sedikit yang pilihannya hanya cukup untuk di pakai wudhunya orang yang hendak mensholati mayat atau memandikan mayat, maka yang di utamakan airnya untuk memandikan mayatnya, berbeda saat memang tidak di jumpai air atau debu untuk mensucikan mayat, maka mayat boleh di sholati meski tanpa di mandikan terlebih dahulu
2.Ada memang pendapat yang memperbolehkan sholat janazah boleh dikerjakan tanpa dimandikan terlebih dahulu yaitu pendapat Ibnu Jariir (dari kalangan Syafi'iyyah) namun pendapat ini di tentang oleh kesepakatan para ulama lintas madzhab.
3.Pertanyaan yang ke tiga ana masih belum faham, tapi bila yang di maksud masih berhubungan dengan masalah memandikan ana kira sudah terjawab, Alasan kenapa harus di mandikan :
a. Yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAWb. Sholat untuk janazah syaratnya seperti halnya sholat seseorang untuk dirinya sendiri ( sebagaimana seseorang yang tidak di perkenankan sholat sebelum bersuci, janazahpun demikian tidak diperkenankan di sholati sebelum dia disucikan/di mandikan)
c. Memberi kesempatan ibadah pada kita
d. Membersihkan mayat.
والمقصود من الغسل التعبد بفعلنا له بدليل أنه لو مات عقب اغتساله بالماء يجب غسله وأنا لو عجزنا عن طهارته بالماء وجب تيممه مع أنه لا نظافة فيه
"Tujuan di wajibkannya memandikan mayat Adalah memberikan kesempatan beribadah pada kita dengan dalih bila seseorang meninggal padahal usai mandi dengan air wajib memandikannya bila tidak ada air wajib mentayammuminya padahal karena habis mandi mestinya tidak ada manfaat kebersihan padanya".
Nihaayah Azzain I/149 :
وشرط لصحتها شروط غيرها من الصلوات وتقدم طهر الميت لأنه المنقول عن النبي صلى الله عليه وسلم فلو تعذر كأن وقع في حفرة وتعذر إخراجه وطهره لم يصل عليه وتكره الصلاة عليه قبل تكفينه لما فيه من الازدراء بالميت
Iqnaa’ I/202 :
( وشرط لها ) أي لصحة الصلاة على الميت شروط غيرها من الصلوات مما يتأتى فيها و ( تقدم طهره ) أي الميت فلو تعذر كأن وقع في حفرة وتعذر إخراجه وطهره لم يصل عليه ولو لم يوجد ماء ولا تراب صلي عليه فإن وجد كاف للميت أو المصلي عليه تعين الميت
Nihayah azzain I/159 :
وَتَقَدَّمَ طُهْرُ الْمَيِّتِ كَمَا يَأْتِي ، وَقَوْلُ ابْنُ جَرِيرٍ كَالشُّعَبِيِّ تَصِحُّ بِلَا طَهَارَةٍ رُدَّ بِأَنَّهُ خَارِقٌ لِلْإِجْمَاعِ وَابْنُ جَرِيرٍ وَإِنْ عُدَّ مِنْ الشَّافِعِيَّةِ لَا يُعَدُّ تَفَرُّدُهُ وَجْهًا لَهُمْ كَالْمُزَنِيِّ
Tuhfah al habiib XI/128 :
(قوله: تقدم طهره) نائب فاعل شرط.وذلك لانه المنقول عن النبي (ص).أي ولان الصلاة على الميت كصلاة نفسه.وقول ابن جرير كالشعبي -تصح بلا طهارة رد بأنه خارق للاجماع.
Hasyiyah I’aanah Atthoolibiin II/142 :
ويشترط لصحة الصلاة ) على الجنازة زائدا على ما تقدم في فصل صلاتها شرطان أشار إلى أحدهما بقوله ( تقدم غسله ) أو تيممه بشرطه لأنه المنقول عن النبي صلى الله عليه وسلم ولأن الصلاة على الميت كصلاة نفسه
Tidak ada komentar:
Write komentar