MAYIT DIMANDIKAN LAWAN JENIS NON MAHRAM

 


PERTANYAAN :
Adakah pendapat yg memperbolehkan mayyit laki2 dimandikan oleh perempuan bukan muhrim..?
JAWABAN :
Seorang laki-laki lain (bukan mahram) memandikan wanita lain (bukan mahram) atau sebaliknya, meskipun mandinya telah tercukupi namun pelakunya berdosa.
أن الميت لا ينتقض طهره بذلك أنه لو تعدى الاجنبي بتغسيل الاجنبية أو بالعكس أجزأ الغسل وإن أثم الغاسل اه وتقدم عن ع ش الجزم بذلك.
Sesungguhnya mayit tidak menjadi batal kesuciannya sebab persentuhan kulit antar lawan jenis, sungguhpun bila seorang laki-laki lain (bukan mahram) memandikan wanita lain ((bukan mahram) atau sebaliknya mandinya pun telah tercukupi meskipun yang memandikan berdosa. [ Hawaasyi as-Syarwaani III/109 ].
Bila dalam kondisi terpaksa saat laki-laki lain tidak dijumpai yang memandikan kecuali wanita lain atau sebaliknya , maka terdapati tiga pendapat ulama:
1.Yang paling shahih menurut mayoritas ulama ditayammumi dan tidak dimandikan jasad mayat tersebut.
2.Dimandikan dengan memakai pakaian yang menutupi aurat mayat, yang memandikan ditangannya disarungi kain dan sedapat mungkin dengan memejamkan penglihatannya.
3.Tidak dimandikan dan tidak ditayammumi tapi langsung dikubur mayatnya.
إذا مات رجل وليس هناك الا امرأة اجنبية أو امرأة وليس هناك الا رجل اجنبي ففيه ثلاثة اوجه (اصحها) عند الجمهور ييمم ولا يغسل وبهذا قطع المصلح في التنبيه والمحاملى في المقنع والبغوى في شرح السنة وغيرهم وصححه الرواياتي والرفعي وآخرون ونقله الشيخ أبو حامد والمحاملي والبندنيجي وصاحب العدة وآخرون عن اكثر اصحابنا اصحاب الوجوه ونقله الدارمي عن نص الشافعي واختاره ابن المنذر لانه تعذر غسله شرعا بسبب اللمس والنظر فييمم كما لو تعذرحسا (والثاني) يجب غسله من فوق ثوب ويلف الغاسل علي يده خرقة ويغض طرفه ما امكنه فان اضطر الي النظر نظر قدر الضرورة صرح به البغوي والرافعي وغيرهماكما يجوز النظر الي عورتها للمداواة وبهذا قال القفال ونقله السرخسي عن أبى طاهر الزيادي من اصحابنا ونقله صاحب الحاوى عن نص الشافعي وصححه صاحب الحاوى والدارمى وامام الحرمين والغزالي لان الغسل واجب وهو ممكن بما ذكرناه فلا يترك (والثالث) لا يغسل ولا ييمم بل يدفن بحاله حكاه صاحب البيان وغيره وهو ضعيف جدا بل باطل
[ Al-Muhadzdzab V/141 ].

و يجوز للرجل غسل حليلته من زوجة و امة و لو كتابية، و يجوز للمراة غسل زوجها و يجوز لكل منهما النظر و المس للاخر بدون شهوة و لو لما بين السرة و الركبة، و لابد من اتحاد الجنس في الغاسل و الميت الا فى الحليل و المحرم، فاذا لم يوجد الا اجنبي فى الميت المراة او اجنبية فى الميت الرجل يمم       نهاية الزين ١٥١

Boleh seorang laki-laki memandikan orang yg halal baginya,yakni istri dan budak perempuannya. Begitu juga sebaliknya seorang istri boleh memandikan suaminya.Baik istri atau suami tatkala memandikan boleh melihat dan menyentuh dgn catatan tanpa syahwat meski bagian yg disetuh dan dilihat itu adalah bagian tubuh antara pusar dan lutut.Dalam memandikan mayit, wajib menyamakan jenis kelaminnya,misal mayit laki-laki maka yg memandikan adalah laki-laki, begitu sebaliknya kecuali orang yg telah dihalalkan dan para mahromnya.tatkala tidak dijumpai seorangpun kecuali ajnabiy atau org lain,maka mayit hendaknya ditayamumkan.

Tidak ada komentar:
Write komentar