WAKAF DENGAN UANG

 

PERTANYAAN :
 bolehkah Wakaf Uang ??
JAWABAN :
Tidak sah waqofya dan bukan benda waqof,tetapi harta milik mesjid yang harus di tasyarufkan sesuai kemaslahatan masjid.Batasan barang waqof menurt syara yaitu menahan harta yg memungkinkan untk d ambil manfaatya d sertai tetapya brang waqof trsbt,tdk boleh d tashorufkan (d jual,d hibbahkan dll)brang waqofan trsbt,tp yg d tashorufkan adalah kemanfaatnya dlm kebajikan krn taqorub kepada allah yg d sertai langgengya brang waqofan. [ kifayatul akhyar 1/319, hasyiyah bujairimi 3/243 ].
Waqof dng uang tdk sah.namun jika d berikan untk amal jariyah mesjid hukumya sunah dan tdk menjadi brang waqaf,tetapi harta trsbt mnjadi hrta mlik msjidyang harus d tasorufkn sesuai kemaslahatan masjid.
Tdk trmasuk brang waqof dng harta yaitu dlm bntuk dirham dan dinar (uang) krena dinar dan dirham trsbt jika d tashorufkan atau d manfaatkan maka dinar dan dirham trsbt akan hilang wujud barangya(wujud uangya),sdgkan syarat brang waqof ktk d ambil manfaatya brangya masih tetap ada.kmudian jika tdk d tashorufkan dinar dan dirham trsbt namun hanya sbgai hiasan saja maka menurut qoul ashoh tdk sah waqofya,krn tjuan hiasa bukan suatu tjuan.letak ktidak sahya waqof dinar dan dirham (uang) krn tjuan hiasan dng dinar atau dirham mrupakan brang waqof yg nantiya akan trsia2kan dan tdk bs d ambil manfaatya. oleh krn itu waqof dng dinar atau dirham hukumya tdk sah. [ hasyiyah al bajuri 1/44, hasyiyah bujairimi3/243, kifayatul akhyar 1/319 ].
Syarat-syarat barang yang diwaqofkan:
1.barang yg diwaqofkan dapat d ambil manfaat serta wujud barangya masih tetap ada.dlm syarat ini ada 3 poin:
2.brang yang d ambil manfaatya adalah brang yang mubah tujuanya.maka tdk sah jk brg waqofan brupa alat2 malahi,dirham untk hiasan.
3.tidak disyaratkan dlm mengambil manfaat sktika itu.
4.adapun barang waqof yg tdk langgeng barangnya sprt makanan dan wangi2n maka tdk sah waqofnyaa
5.barang yang diwaqofkan tersebut langgeng, tidak terbatas denga waktu.
6.barang yang diwaqofkan tidak berupa barang yg diharamkan. [ hasyiyah bajuri 1/44-45 ].
=>>Hukum Wakaf dengan obyek uang tunai, ulama’ berbeda pendapat :Menurut mayoritas fuqoha’ tidak sah. Sedang mutaqaddimin Hanafiyyah dan sebagian ulama’ Malikiyyah memperbolehkan dalam hal uang tunai itu berupa dirham dan dinar.
المغني ج: 5 ص: 373
أن ما لا يمكن الانتفاع به مع بقاء عينه كالدنانير والدراهم والمطعوم والمشروب والشمع وأشباهه لا يصح وقفه في قول عامة الفقهاء وأهل العلم إلا شيئا يحكى عن مالك والأوزاعي في وقف الطعام أنه يجوز ولم يحكه أصحاب مالك وليس بصحيح لأن الوقف تحبيس الأصل وتسبيل الثمرة وما لا ينتفع به إلا بالإتلاف لا يصح فيه ذلك وقيل في الدراهم والدنانير يصح وقفها على قول من أجاز إجارتها
مختصر اختلاف العلماء ج: 4 ص: 163

وأما الدراهم والدنانير فلا يصح وقفها لأنها تستهلك عينها فتخرج عن أن تكون موقوفة وأجاز مالك وقف الدنانير وجعلها مع ذلك قرضا على من أوقفت عليه فلا معنى له لأنها إذا جعلت كذلك فهي مملوكة لمن أوقفت عليه والأوقاف لا تكون مملوكة

Tidak ada komentar:
Write komentar