PERTANYAAN :
Dalam membaca kitab suci al qur'an ataupun memegangnya apakah wanita harus dalam keadaan suci ( tidak sedang haid-menstruasi ) dan mestikah harus berkeadaan belum batal dari wudhu kita ?
JAWABAN :
HUKUM MEMEGANG ALQURAN TANPA KEADAAN SUCI
ููุงุชูููููู ุงููููููููุงุกู ุนูููู ูุฃูููู ุบูููุฑู ุงููู
ูุชูููุถููุฆู ููุฌูููุฒู ูููู ุชูููุงููุฉู ุงููููุฑูุขูู ุฃููู ุงููููุธูุฑู ุฅููููููู ุฏููููู ููู
ูุณูููุ ููู
ูุง ุฃูุฌูุงุฒูููุง ูููุตููุจูููู ููู
ูุณู ุงููููุฑูุขูู ูููุชููุนููููู
ูุ ููุฃูููููู ุบูููุฑู ู
ููููููููุ ููุงููุฃูููุถููู ุงููุชููููุถููุคู. ููููุฏู ุญูุฑููู
ู ุงููู
ูุงูููููููุฉู ููุงูุดููุงููุนููููุฉู ู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุจูุงููุญูุฏูุซู ุงููุฃูุตูุบูุฑู ูููููู ุจูุญูุงุฆููู ุฃููู ุนูููุฏูุ ููุฃูุฌูุงุฒู ุงููุญููููููููุฉู ููุงููุญูููุงุจูููุฉู ู
ูุณูููู ุจูุญูุงุฆููู ุฃููู ุนูููุฏู ุทูุงูููุฑููููู.
"Para Ulama Ahli Fiqh (Hanafiyah, Syafiโiyyah, malikiyyah dan hanabilah) sepakat membolehkan membaca alQuran atau sekedar melihatnya meskipun tanpa wudhu tapi tidak menyentuhnya, mereka juga sepakat bagi anak-anak kecil juga dibolehkan memegang al Quran untuk belajar karena mereka masih belum mukallaf namun yang utama tetap memakai wudhu. Kalangan Malikiyyah dan Syafiโiyyah mengharamkan memegang al Quran saat seseorang menanggung hadats kecil meskipun memakai sarana ha`il (penghalang) atau kayu (tidak menyentuhnya secara langsung) namun kalangan Hanafiyyah dan Hanabilah membolehkannya asalkan penghalang dan kayunya suci dari najis." (Fiqhul Islamy, 1/395). Sumber Kitab : Al Fiqhul Islaamy wa Adillatuhuu 1/395.
DALIL DARI AL QURAN
ุฅูููููู ููููุฑูุขููู ููุฑูููู
ู (77) ูููู ููุชูุงุจู ู
ููููููููู (78) ููุง ููู
ูุณูููู ุฅููููุง ุงููู
ูุทููููุฑููููู (79) ุชูููุฒููููู ู
ููู ุฑูุจูู ุงููุนูุงููู
ููููู (80
โSesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara, tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan, diturunkan dari Rabbil โalamiinโ (QS Al Waqiah 77-80). Dalam Tafsir Jalalain diterangkan:
"ููุง ููู
ูุณูููู" ุฎูุจูุฑู ุจูู
ูุนูููู ุงููููููู "ุฅููููุง ุงููู
ูุทููููุฑููููู" ุงูููุฐููููู ุทููููุฑูููุง ุฃูููููุณููู
ู ู
ููู ุงููุฃูุญูุฏูุงุซู
โLAA YAMASSUHUUโ berupa khabar dengan makna larangan, sedang โ ILLAL MUTHAHHARUUNโ adalah orang-orang yang mensucikan dirinya dari hadats. Sumber kitab: Tafsir Jalalain (bersama Hasyiyah Showi juz IV halaman 166, cetakan Daar Ihyaa al Kutub al โArabiyyah) / halaman 717, maktabah syamilah.
Dalam Tafsir Ibn Katsier:
ููููุงูู ุขุฎูุฑููููู " ููุง ููู
ูุณูููู ุฅููููุง ุงููู
ูุทููููุฑููููู" ุฃููู ู
ููู ุงููุฌูููุงุจูุฉู ููุงููุญูุฏูุซู ููุงููููุง ููููููุธู ุงููุขููุฉู ุฎูุจูุฑู ููู
ูุนูููุงููุง ุงูุทููููุจู ููุงููููุง ููุงููู
ูุฑูุงุฏู ุจูุงููููุฑูุขูู ููููููุง ุงููู
ูุตูุญููู ููู
ูุง ุฑูููู ู
ูุณูููู
ู ุนููู ุงูุจููู ุนูู
ูุฑู ุฃูููู ุฑูุณููููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููููู ุฃููู ููุณูุงููุฑ ุจูุงููููุฑูุขูู ุฅูููู ุฃูุฑูุถู ุงููุนูุฏูููู ู
ูุฎูุงููุฉู ุฃููู ููููุงูููู ุงููุนูุฏูููู . ููุงุญูุชูุฌููููุง ููู ุฐููููู ุจูู
ูุง ุฑูููุงูู ุงููุฅูู
ูุงู
ู ู
ูุงูููู ููู ู
ูููุทููุฆููู ุนููู ุนูุจูุฏู ุงูููู ุจูู ุฃูุจูู ุจูููุฑู ุจููู ู
ูุญูู
ููุฏู ุจููู ุนูู
ูุฑูู ุจููู ุญูุฒูู
ู ุฃูููู ููู ุงููููุชูุงุจู ุงูููุฐููู ููุชูุจููู ุฑูุณููููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุนูู
ูุฑูู ุจููู ุญูุฒูู
ู " ุฃููู ููุง ููู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุฅููููุง ุทูุงููุฑู " ููุฑูููู ุฃูุจููู ุฏูุงููุฏ ูููู ุงููู
ูุฑูุงุณููููู ู
ููู ุญูุฏูููุซู ุงูุฒููููุฑูููู ููุงูู ููุฑูุฃูุชู ููู ุตูุญูููููุฉู ุนูููุฏู ุฃูุจููู ุจูููุฑู ุจููู ู
ูุญูู
ููุฏู ุจููู ุนูู
ูุฑูู ุจููู ุญูุฒูู
ู ุฃูููู ุฑูุณููููู ุงูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุงูู " ููููุง ููู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุฅููููุง ุทูุงููุฑู " ููููุฐููู ููุฌูุงุฏูุฉู ุฌููููุฏูุฉู ููุฏู ููุฑูุฃูููุง ุงูุฒููููุฑูููู ููุบูููุฑููู ููู
ูุซููู ููุฐูุง ููููุจูุบูู ุงููุฃูุฎูุฐู ุจููู ููููุฏู ุฃูุณูููุฏููู ุงูุฏููุงุฑูููุทููููู ุนููู ุนูู
ูุฑู ุจูู ุญูุฒูู
ููุนูุจูุฏ ุงููููู ุจูู ุนูู
ูุฑ ููุนูุซูู
ูุงู ุจูู ุฃูุจูู ุงููุนูุงุตู ููููู ุฅูุณูููุงุฏู ููููู ู
ูููููู
ุง ููุธูุฑู ูุงูููู ุฃูุนูููู
ู
"Ulama lain mengatakan : LAA YAMASSUHUU ILLAL MUTHAHHARUUN, Maksudnya (orang-orang yang suci) dari janabah dan dari hadats. Mereka berkata bahwa yang dikehendaki al Quran disini adalah al Mushaf sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dari Ibnu โUmar bahwasanya Rasulullah shallallaahu โalaihi melarang membawa Al Qur'an ke negeri musuh, karena beliau khawatir apabila nantinya akan diambil musuh. Mereka berhujjah dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Malik dalam kitab Muwaththa` dari โAbdullah ibn Abi Bakr ibn Muhammad ibn โAmr ibn Hazm, bahwasanya didalam kitab (surat) yang ditulis Rasulullah shallallaahu โalaihi wasallam kepada โAmr ibn Hazm: โTidak boleh menyentuh al Quran kecuali orang yang suci.โ
Dan Abu Dawud meriwayatkan dalam al Maraasil dari haditsnya az Zuhri, berkata: โAku membaca di dalam Shahifah (lembaran) disisi Abu Bakr ibn Muhammad ibn โAmr ibn Hazm sesungguhnya Rasulullah shallallaahu โalaihi wasallam bersabda: WA LAA YAMASSU AL QUR`AANA ILLAA THAAHIRUN.โ (dan tidak boleh menyentuh al Quran kecuali orang yang suci). Ini adalah penemuan tertulis yang bagus, yang telah dibacakan oleh Az Zuhri dan yang lainnya. Seperti inilah yang seyogyanya diambil (diamalkan). Imam Daraquthni mengambil sanad hadits tersebut dari 'Amr bin Hazm, dan Abdullah bin Umar, dan Utsman bin Abi al-'Ash. Setiap jalur sanad dari Abu Dawud dan Daraquthni ini perlu ditinjau ulang." (Tafsir Ibnu Katsir, 7/545). Sumber Kitab: Tafsir Ibnu Katsier juz VII halaman 545
Imam Ibnu Abi Syaibah dan Imam Addaara Quthni meriwayatkan : (sanad dan matannya Ibnu Abi Syaibah):
ุญูุฏููุซูููุง ุฃูุจูู ู
ูุนูุงููููุฉู ุ ุนููู ุงูุฃูุนูู
ูุดู ุ ุนููู ุฅูุจูุฑูุงูููู
ู ุ ุนูู ุนูุจูุฏู ุงูุฑููุญูู
ููู ุจููู ููุฒููุฏู ุ ููุงูู : ูููููุง ู
ูุนู ุณูููู
ูุงูู ููู ุญูุงุฌูุฉู ุ ููุฐูููุจู ููููุถูู ุญูุงุฌูุชููู ุซูู
ูู ุฑูุฌูุนู ุ ููููููููุง ูููู : ุชูููุถููุฃู ุ ููุง ุฃูุจูุง ุนูุจูุฏู ุงูููู ููุนููููููุง ุฃููู ููุณูุฃูููู ุนููู ุขูู ู
ููู ุงููููุฑูุขูู ุ ููุงูู : ููุงูู : ููุงุณูุฃููููุง ุ ููุฅููููู ูุงู ุฃูู
ูุณูููู ุ ุฅูููููู ูุงู ููู
ูุณูููู ุฅููุงูู ุงููู
ูุทููููุฑูููู ุ ููุงูู : ููุณูุฃูููููุงูู ุ ููููุฑูุฃู ุนูููููููุง ููุจููู ุฃููู ููุชูููุถููุฃู.
"Telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah dari A'masy dari Ibrahim dari Abdurrahman bin Yazid, berkata: kami bersama Salman dalam suatu hajat. Dan beliaupun pergi untuk buang hajat dan beliau kembali. Kamipun berkata kepada beliau,: โBerwudhulah Wahai Abu Abdillah, agar kami bisa bertanya kepadamu tentang ayat-ayat al Qurโanโ. Abdurrahman bin Yazid berkata, beliau (Salman) berkata: โSilakan bertanya akan tetapi aku tidak akan menyentuhnya. โSesungguhnya tidaklah menyentuhnya melainkan orang-orang yang disucikanโ. Kami pun mengajukan beberapa pertanyaan kepada beliau dan beliau membacakan beberapa ayat kepada kami sebelum beliau berwudhu.โ (HR. Ibnu Abi Syaibah). Sumber Kitab: Mushannaf Ibnu Abu Syaibah juz I halaman 103, hadits nomor 1106, maktabah syamilah, dan Sunan Addaara Quthni juz I halaman 124
Addaara Quthni berkata:
ูููููููู
ู ุซูููุงุชู
Semua rawinya tsiqoh.
DALIL DARI AL HADITS:
- Al Muwaththa:
ุจูุงุจ ุงููุฃูู
ูุฑู ุจูุงููููุถููุกู ููู
ููู ู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู
Bab Perintah wudhu bagi orang yang menyentuh al Quran
680 - ุญูุฏููุซูููู ููุญูููู ุนููู ู
ูุงููู ุนููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุฃูุจูู ุจูููุฑู ุจููู ุญูุฒูู
ู ุฃูููู ููู ุงููููุชูุงุจู ุงูููุฐูู ููุชูุจููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุนูู
ูุฑูู ุจููู ุญูุฒูู
ู ุฃููู ููุง ููู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุฅููููุง ุทูุงููุฑู
"Telah menceritakan kepadaku Yahya dari Malik dari Abdullah bin Abu Bakr bin Hazm bahwa di antara isi surat Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam yang beliau tulis untuk 'Amru ibn Hazm adalah, bahwasanya: "Tidak ada yang boleh menyentuh al Quran kecuali yang bersuci.". Sumber Kitab: Tanwiirul Hawaalik juz I halaman 203-204, cetakan Toha Putera Semarang / Muwaththa`u Maalik juz II halaman 278,
Dalam kitab al Muntaqa, Syarh Muwathta Maalik:
( ููุตููู ) ูููููููููู ุฃููู ููุง ููู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุฅููููุง ุทูุงููุฑู ุธูุงููุฑู ููู ุฃูููููู ููุง ููุฌููุฒู ุฃููู ููู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ู
ูุญูุฏูุซู ููุจูููุฐูุง ููุงูู ุฃูุจูู ุญููููููุฉู ููุงูุดููุงููุนูููู ููุฌูู
ูุงุนูุฉู ุงููููููููุงุกู ู
ููู ุงูุตููุญูุงุจูุฉู ููู
ููู ุจูุนูุฏูููู
ู ู
ููู ุงูุชููุงุจูุนูููู
"Fasal. Sabda Nabi, yaitu: โTidak boleh menyentuh al Quran kecuali orang yang suciโ adalah zahir bahwasanya orang yang berhadats tidak boleh menyentuh al Quran. Dengan pendapat ini berkata Abu Hanifah, Asy Syafiโi dan sejumlah Fuqaha dari shahabat dan yang lainnya dari tabiโin." (al-Muntaqa, 1/475). Sumber kitab: al Muntaqa, Syarh Muwathta Maalik juz I halaman 475,
Dalam Kitab Sunan Ad Daaraquthni :
ุจูุงุจู ูููู ูููููู ุงููู
ูุญูุฏูุซู ุนููู ู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู
Bab larangan orang berhadats menyentuh al Quran
ุญูุฏููุซูููุง ู
ูุญูู
ููุฏู ุจููู ู
ูุฎููููุฏู ููุง ุงููุญูุณููู ุจููู ุฃูุจูู ุงูุฑููุจูููุนู ููุง ุนูุจูุฏู ุงูุฑููุฒููุงูู ุฃูุฎูุจูุฑูููุง ู
ูุนูู
ูุฑู ุนููู ุนูุจูุฏู ุงูููู ุจููู ุฃูุจููู ุจูููุฑู ุนููู ุฃูุจููููู ููุงูู : ููุงูู ูููู ููุชูุงุจู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ูู ุณููููู
ู ููุนูู
ูุฑูู ุจููู ุญูุฒูู
ู ุฃููููุง ุชูู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุฅููููุง ุนูููู ุทูููุฑู ู
ูุฑูุณููู ููุฑูููุงุชููู ุซูููุงุชู
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Mukhallid, telah menceritakan kepada kami Hasan bin Abi ar-Rabi', telah menceritakan kepada kami Abdur Razaq, telah mengkhabarkan kepada kami Ma'mar, dari Abdullah bin Abu Bakar, dari bapaknya, berkata: Adalah terdapat di dalam surat Nabi shallallaahu โalaihi wasallam kepada โAmr ibn Hazm: โEngkau tidak boleh menyentuh al Quran kecuali dalam keadaan suci.โ. (Hadits) Mursal, semua rawinya tsiqoh. (HR. Daraquthni). Sumber Kitab: Sunan Addaara Quthni juz I halaman 121.
Dalam Shahih Ibn Hibban:
ููููุง ููู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุฅููููุง ุทูุงููุฑู
"Jangan menyentuh al Quran kecuali orang yang suci." (HR. Ibnu Hibban). Sumber Kitab: Shahih Ibnu Hibbaan juz 14 halaman 501, hadits nomor 6559,
Dalam Kitab al Mustadrak:
ููููุง ููู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุฅููููุง ุทูุงููุฑู
"Jangan menyentuh al Quran kecuali orang yang suci." (HR. Hakim)
ููุฐูุง ุญูุฏูููุซู ุตูุญูููุญู
ini Hadits Shahih. Sumber Kitab: Al Mustadrak juz III halaman 479, hadits nomor 1399,
Dalam kitab Sunan Kubra lil Baihaqi
5- ุจุงุจ ุงููุญูุงุฆูุถู ูุงู ุชูู
ูุณูู ุงููู
ูุตูุญููู ูููุงู ุชูููุฑูุฃู ุงููููุฑูุขูู.
Bab Wanita Haid tidak boleh menyentuh al Quran
1534- ุฃูุฎูุจูุฑูููุง ุนูู
ูุฑู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงููุนูุฒููุฒู ุจููู ุนูู
ูุฑู ุจููู ููุชูุงุฏูุฉู ุฃูุฎูุจูุฑูููุง ุฃูุจูู ุนูู
ูุฑูู ุจููู ู
ูุทูุฑู ุญูุฏููุซูููุง ุฃูุญูู
ูุฏู ุจููู ุงููุญูุณููู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงููุฌูุจููุงุฑู ุงูุตูููููููู ุญูุฏููุซูููุง ุงููุญูููู
ู ุจููู ู
ููุณูู ุญูุฏููุซูููุง ููุญูููู ุจููู ุญูู
ูุฒูุฉู ุนููู ุณูููููู
ูุงูู ุจููู ุฏูุงููุฏู ุญูุฏููุซูููู ุงูุฒููููุฑูููู ุนููู ุฃูุจูู ุจูููุฑู ุจููู ู
ูุญูู
ููุฏู ุจููู ุนูู
ูุฑูู ุจููู ุญูุฒูู
ู ุนููู ุฃูุจูููู ุนููู ุฌูุฏูููู : ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู -ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
- ููุชูุจู ุฅูููู ุฃููููู ุงููููู
ููู ุจูููุชูุงุจู ููููู ุงููููุฑูุงุฆูุถู ููุงูุณูููููู ููุงูุฏููููุงุชู ุ ููุจูุนูุซู ุจููู ู
ูุนู ุนูู
ูุฑูู ุจููู ุญูุฒูู
ู ููุฐูููุฑู ุงููุญูุฏููุซู ููููููู ููุงูู :ยซ ูููุงู ููู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุฅููุงูู ุทูุงููุฑู ยป. ุฃูุฑูุณููููู ุบูููุฑููู ููุงูููููู ุฃูุนูููู
ู.
Telah mengkhabarkan kepada kami Umar bin Abdul Aziz bin Umar bin Qatadah, telah mengkhabarkan kepada kami Abu 'Amr bin Mathar, telah menceritakan kepada kami Ahmad bin al-Hasan bin Abdul Jabar ash-Shufi, telah menceritakan kepada kami Hakam bin Musa, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Hamzah, dari Sulaiman bin Dawud, telah menceritakan kepadaku Zuhri dari Abu Bakr ibn Muhammad ibn โAmr ibn Hazm, dari bapaknya, dari kakeknya: โSesungguhnya Rasulullah shallallaahu โalaihi wasallam menulis kepada penduduk Yaman dengan surat yang didalamnya ada fardhu, sunnah dan diyat. Beliau mengutus dengan membawa surat bersaqma โAmr ibn Hazm. Rawi menuturkan hadits, dan didalamnya, beliau bersabda: โDan jangan menyentuh al Quran kecuali orang yang suci." Rawi lainnya meriwayatkannya dalam bentuk hadits mursal. (HR. Baihaqi). Sumber Kitab: As Sunan al Kubra lil Baihaqi juz I halaman 344, hadits nomor 1354.
Dalam Kitab al Muwaththa:
128 - ู ุญูุฏููุซูููู ุนููู ู
ูุงููู ุนููู ุฅูุณูู
ูุนูููู ุจููู ู
ูุญูู
ููุฏู ุจููู ุณูุนูุฏู ุจููู ุฃูุจูู ูููููุงุตู ุนููู ู
ูุตูุนูุจู ุจููู ุณูุนูุฏู ุจููู ุฃูุจูู ูููููุงุตู ุฃูููููู ููุงูู ููููุชู ุฃูู
ูุณููู ุงููู
ูุตูุญููู ุนูููู ุณูุนูุฏู ุจููู ุฃูุจูู ูููููุงุตู ููุงุญูุชูููููุชู ููููุงูู ุณูุนูุฏู ููุนูููููู ู
ูุณูุณูุชู ุฐูููุฑููู ููุงูู ููููููุชู ููุนูู
ู ููููุงูู ููู
ู ููุชูููุถููุฃู ููููู
ูุชู ููุชูููุถููุฃูุชู ุซูู
ูู ุฑูุฌูุนูุชู
"Telah menceritakan kepadaku dari Malik, dari Ismail bin Muhammad bin Sa'ad bin Abi Waqash, dari Mushโab bin Saโad bin Abi Waqqash, bahwasanya dia berkata: โAku memegang mushfah di hadapan Saโad bin Abi Waqqash lalu aku menggaruk-garuk kemaluankuโ. Beliau lantas berkata, โEngkau menyentuh kemaluanmu?โ. โBenarโ, jawabku. Beliau berkata, โBerdirilah lalu berwudhulahโ. Aku lantas bangkit berdiri dan berwudhu lalu aku kembali.โ. Sumber Kitab: Tanwiirul hawaalik juz I halaman 64, cetakan Toha Putera Semarang / Muwaththa Maalik juz II halaman 58, hadits nomor 128,
DERAJAT HADITS:
ููุง ููู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุฅููููุง ุทูุงููุฑู
- Dalam Kitab Majmaโuzzawaa`id:
(ุจูุงุจู ููู ู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู)
Bab Menyentuh al Quran
1512 ุนููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุนูู
ูุฑู ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุงูู: " ููุง ููู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุฅููููุง ุทูุงููุฑู ".
"Dari โAbdullah ibn โUmar, sesungguhnya Rasulullah shallallaahu โalaihi wasallam bersabda: โJangan menyentuh al Quran kecuali orang yang suci.โ
ุฑูููุงูู ุงูุทููุจูุฑูุงููููู ููู ุงููููุจููุฑู ููุงูุตููุบููุฑูุ ููุฑูุฌูุงูููู ู
ูููุซููููููู
HR. Ath Thabarani didalam (al Muโjam) al Kabir dan ash Shaghir. Rawi-rawinya tsiqoh semua (Majma Az-Zawaid, 1/276). Sumber Kitab: Majmaโuzzawaa`id lil Hafizh al Haitsami juz I halaman 276,
Dalam Kitab At Talkhiish al Habir:
ุญูุฏููุซู ุฃูููููู ุตูู ุงูููููู ุนููู ูุณูู
ูุงู ููุญููููู
ู ุจู ุญูุฒูุงู
ู ููุง ููู
ูุณูู ุงููู
ูุตูุญููู ุฅูููุง ุทูุงููุฑู ุงูุฏููุงุฑูููุทูููููู ููุงููุญูุงููู
ู ูู ุงููู
ูุนูุฑูููุฉู ู
ู ู
ูุณูุชูุฏูุฑููููู ููุงููุจูููููููููู ูู ุงููุฎูููุงูููููุงุชู ููุงูุทููุจูุฑูุงููููู ู
ู ุญุฏูุซ ุญููููู
ู ูุงู ููู
ููุง ุจูุนูุซูููู ุฑุณูู ุงูููููู ุตูู ุงูููููู ุนููู ูุณูู
ุฅููู ุงููููู
ููู ูุงู ููุง ุชูู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุฅูููุง ููุฃูููุชู ุทูุงููุฑู ููู ุฅุณูููุงุฏููู ุณูููููุฏู ุฃุจู ุญูุงุชูู
ู ููู ุถูุนูููู ููุฐูููุฑู ุงูุทููุจูุฑูุงููููู ูู ุงููุฃูููุณูุทู ุฃูููููู ุชูููุฑููุฏู ุจููู ููุญูุณูููู ุงููุญูุงุฒูู
ูููู ุฅุณูููุงุฏููู
"Hadits bahwasanya Nabi shallallaahu โalaihi wasallam bersabda kepada Hakim ibn Hizam โJangan menyentuh al Mushaf kecuali orang yang suciโ. HR. Addaara Quthyni, al Hakim dalam al Maโrifah dari Mustadraknya, al Baihaqi dalam al Khilaafiyyaat, dan ath Thabaranai, dari haditsnya hakiim, berkata: โ Ketika Rasulullah shallallaahu โalaihi wasallam mengutusku ke Yaman, beliau bersabda: โJangan engkau menyentuh al Quran kecuali engkau orang yang suci.โ. Di dalam isnadnya ada Suwaid Abu Hatim, dia dhaโif. Ath Thabarani menuturkan bahwa dia (Suwaid) menyendiri. Dengan hadits tersebut. Al Hazimi menghasankan isnad hadits tersebut." (At-Talkhis al-Habir, 1/131). Sumber Kitab: At Talkhiis al Habiir lil Hafizh Ibn Hajar juz I halaman 131,
DALAIL DARI KITAB FIQH
Dalam kitab al Majmuโ, Syarh al Muhadzdzab:
ูููู ู
ูุฐูุงููุจู ุงููุนูููู
ูุงุกู ูููู ู
ูุณูู ุงููู
ูุตูุญููู ููุญูู
ููููู ู
ูุฐูููุจูููุง ุชูุญูุฑูููู
ูููู
ูุง ููุจูู ููุงูู ุฃูุจููู ุญูููููููุฉู ููู
ูุงูููู ููุฃูุญูู
ูุฏู ููุฌูู
ูููููุฑู ุงููุนูููู
ูุงุกู
"Didalam Madzhab Ulama tentang menyentuh dan membawa Mushaf. Madzhab kami keduanya haram, dan dengan pendapat ini berkata Abu Hanifah, Malik, Ahmad dan jumhur ulama." (Al-Majmu', 2/72). Sumber Kitab: Dalam kitab al Majmuโ, Syarh al Muhadzdzab juz II halaman 72,
Dalam Kitab al Haawi Lil Maawardi:
ู
ูุณูุฃูููุฉู : ููุฌููุจู ุงูุทููููุงุฑูุฉู ููุญูู
ููู ุงููู
ูุตูุญููู ููู
ูุณูููู
"Masalah : Wajibnya bersuci untuk mebawa dan menyentuh Mushaf.
ููุงูู ุงูุดููุงููุนูููู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู : ููููุง ููุญูู
ููู ุงููู
ูุตูุญููู ููููุง ููู
ูุณูููู ุฅููููุง ุทูุงููุฑู
Imam Syafiโi radhiyallaahu โanhu berkata: โJangan membawa dan menyentuh al Mushaf kecuali orang yang suci.โ (Al-Hawi lil Marwadi, 1/143). Sumber Kitab: Al Haawi lil Mawardi juz I halaman 143,
Dalam Kitab Majmuuโul Fatawa:
ููุณูุฆููู : ูููู ููุฌููุฒู ู
ูุณูู ุงููู
ูุตูุญููู ุจูุบูููุฑู ููุถููุกู ุฃูู
ู ููุง ุ . ููุฃูุฌูุงุจู :
ู
ูุฐูููุจู ุงููุฃูุฆูู
ููุฉู ุงููุฃูุฑูุจูุนูุฉู ุฃูููููู ููุง ููู
ูุณูู ุงููู
ูุตูุญููู ุฅูููุง ุทูุงููุฑู ููู
ูุง ููุงูู ููู ุงููููุชูุงุจู ุงูููุฐูู ููุชูุจููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุนูู
ูุฑูู ุจููู ุญูุฒูู
ู : { ุฃููู ููุง ููู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุฅูููุง ุทูุงููุฑู } . ููุงูู ุงููุฅูู
ูุงู
ู ุฃูุญูู
ูุฏ : ููุง ุดูููู ุฃูููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุชูุจููู ูููู ูููููู ุฃูููุถูุง ูููููู ุณูููู
ูุงูู ุงููููุงุฑูุณูููู ููุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุนูู
ูุฑู ููุบูููุฑูููู
ูุง . ููููุง ููุนูููู
ู ููููู
ูุง ู
ููู ุงูุตููุญูุงุจูุฉู ู
ูุฎูุงูููู .
"Ibnu Taimiyyah ditanya: "Apakah boleh menyentuh Mushaf tanpa wudhu ?". Beliau menjawab : โPendapat imam mazhab yang empat, mushaf al Qurโan tidak boleh disentuh melainkan oleh orang yang suci sebagaimana dalam surat yang dikirimkan oleh Rasulullah kepada โAmr bin Hazm,
ุฃููู ููุง ููู
ูุณูู ุงููููุฑูุขูู ุฅูููุง ุทูุงููุฑู
โTidak boleh menyentuh mushaf kecuali orang yang suciโ. Imam Ahmad mengatakan, โTidaklah diragukan bahwa Nabi shallallahu โalaihi wa sallam telah menuliskan surat tersebut kepada โAmr bin Hazm.โ. Dan ini juga pendapat Salman al Farisi, Abdullah bin Umar dan yang lainnya. Tidak diketahui adanya sahabat lain yang menyelisihi pendapat dua sahabat iniโ. (Majmu' Al-Fatawa li Ibni Taimiyah, 21/266). Sumber Kitab: Kitab:Majmuโul Fatawa juz 21 halaman 266.
Kalau kita membawa al Qur`an saat bepergian terus dimasukkan kedalam tas saat membawanya boleh nggak ? Boleh bila niatnya semata-semata membawa TAS. Bila niatnya membawa alquran yang di dalamnya atau membawa TAS dan alqurannya maka haram..
ููุฅูุฐูุง ููุงูู ุงููู
ูุตูุญููู ู
ูููุถูููุนูุง ูููู ุฃูู
ูุชูุนูุฉู ุงููู
ูููุฒููู . ูููู ุตูููุฏููููู ุฃููู ู
ูููุงุจูุณู ุฃููู ููุญููู ุฐููููู ููุฅูููููู ููุง ููุญูููู ุญูู
ููู ููุฐููู ุงููุฃูู
ูุชูุนูุฉู ุจูุฏููููู ููุถูููุกู ุฅููููุง ุฅูุฐูุง ููุงููุชู ูููู ู
ูููุตูููุฏูุฉู ุจูุงููุญูู
ููู ููุญูุฏูููุง ููุฅูุฐูุง ููุตูุฏู ุญูู
ููู ุงููู
ูุตูุญููู ู
ูุนูููุง ุฃููู ููุตูุฏู ุญูู
ููููู ููุญูุฏููู ุญูุฑูู
ู ุฐููููู ุจูุฏููููู ููุถูููุกู
"Bila Mushaf diletakkan pada sebuah peralatan-peralatan rumah dalam kotak atau pakaian atau lainnya maka tidak boleh membawa peralatan ini tanpa wudhu kecuali bila peralatannya yang menjadi tujuannya dalam membawanya, bila tujuannya membawa alquran yang ada didalamnya atau bertujuan membawa quran dan peralatannya maka haram membawanya tanpa wudhu." (Al-Fiqhu 'ala Madzahib al-Arba'ah, 1/48). Sumber Kitab: Al Fiqhu โAlal Madzaahibil Arbaโah juz I halaman 48,
ููุงุฆูุฏูุฉู : ููุฌูููุฒู ุญูู
ููู ุงููู
ูุตูุญููู ู
ูุนู ุงููู
ูุชูุงุนู ููุฅููู ุตูุบูุฑู ุฌูุฏููุง ุ ููุงูู ุจ ุฑ : ูููููู ุฎูููุทู ุฅูุจูุฑูุฉู ูููููู ุจูููุตูุฏู ุงููู
ูุชูุงุนู ููููุทู ุ ููููุฐูุง ู
ูุนู ุงููุฅูุทูููุงูู ุฎูููุงูุงู ูููุชููุญูููุฉู ุ ุจููู ุฃููู ุจูููุตูุฏูููู
ูุง ุนูููุฏู (ู
ุฑ) ุงูู ููุฑูุฏููู
"Faidah: Diperbolehkan membawa mushaf besertaan di dalam kotak meskipun berukuran sangat sempit. Imam al-Barmawi berkata: Meskipun berupa tidak lebih dari barang hasil jahitan jarum tapi dengan kondisi hanya dikehendaki membawa kotak tersebut, begitu juga bila tanpa tujuan apapun, berlainan dengan pendapat dalam kitab Tuhfah, bahkan boleh ketika dikehendaki membawa keduanya (mushaf dan kotaknya) menurut pendapat Imam Ramli. Selesai fatwa Sulaiman al-Kurdi." (Bughyah al-Mustarsyidin: 26). Sumber Kitab: Bughyatul Mustarsyidin halaman 26, cetakan al โAlawiyyah Semarang / halaman 52,
Wallaahu Aโlamu bishshawaab.
Tidak ada komentar:
Write komentar