PERTANYAAN :
1. Buang hajat ( BAK dan BAB) lebih jorok dari keluarnya air mani yang suci tapi kenapa kita kok diwajibkan mandi ? sedangkan buang hajat yang najis hanya diwajibkan wudhu?
2. Terus kenapa kok kita diwajibkan puasa 30 hari bukan 40 hari seperti umat terdahulu. Mohon jawabannya yang disertai rujukannya syukron. Atas bantuan jawab dari para ustadz /ustadzah saya sampaikan terima kasih. Wassalamu'alaikum wr wb.
JAWABAN :
1. Jika kamu bertanya : " mengapa wajib meratakan badan dengan mandi sebab keluarnya mani, padahal BAB lebih KOTOR daripada mani secara yakin ? ". Maka jawabnya : " sesunguhnya meratakan badan dengan mandi sebab keluanya mani atau sebab jima' tanpa keluar mani, bukanlah karena KOTOR nya, tapi hanyalah karena keluarnya mani atau jima' tanpa keluar mani terdapat KENIKMATAN yang menjalar keseluruh tubuh. "
- kitab al Mizan al Kubro juz II halaman 187:
فإن قلت فلم وجب تعميم البدن بالغسل من خروج المني مع أنه دون والغائط في القذر بيقين
فالجواب أن تعميم البدن بخروجه أو بالجماع من غير خروجه ليس هو للقذر وإنما هو لما فيه من الذة التي تسري في جميع البدن
2. Firman Allah dalam surat Al-Baqoroh ayat 183 :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.
Dalam kitab tafsir al qurtuby dijelaskan bahwa Imam As Sya'bi, Qatadah dan selain keduanya berkata : " Penyerupaan dalam ayat kembali pada waktu puasa dan ukuran puasa, sesungguhnya Allah ta'ala mewajibkan kaum Nabi Musa dan Nabi Isa berpuasa di bulan Ramadhan, lalu kaum mereka merubahnya. Pendeta-pendeta mereka menambahkan 10 hari, kemudian sebagian pendeta ada yang sakit dan melakukan nadzar jika Allah menyembuhkan sakitnya, maka akan menambah puasa 10 hari lagi, kemudian hal itu dilaksanakan. Jadi puasanya orang nashroni totalnya 50 hari, mereka merasa kesulitan berpuasa 50 hari di musim kemarau, lalu mereka memindahkannya di musim penghujan". An Nahhaz memilih pendapat ini dan berkata : "Pendapat tersebut lebih pas dengan keterangan yang ada di ayat”. Wallahu a’lamu bish-showab. Robbi ij’alna minash-sholihin.
- kitab tafsir al qurtuby (2/256) :
الرابعة : فقال الشعبي وقتادة وغيرهما : التشبيه يرجع إلى وقت الصوم وقدر الصوم ، فإن الله تعالى كتب على قوم موسى وعيسى صوم رمضان فغيروا ، وزاد أحبارهم عليهم عشرة أيام ثم مرض بعض أحبارهم فنذر إن شفاه الله أن يزيد في صومهم عشرة أيام ففعل ، فصار صوم النصارى خمسين يوما ، فصعب عليهم في الحر فنقلوه إلى الربيع
واختار هذا القول النحاس وقال : وهو الأشبه بما في الآية
وفيه حديث يدل على صحته أسنده عن دغفل بن حنظلة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : كان على النصارى صوم شهر فمرض رجل منهم فقالوا لئن شفاه الله لأزيدن عشرة ثم كان آخر فأكل لحما فأوجع فاه فقالوا لئن شفاه الله لأزيدن سبعة ثم كان ملك آخر فقالوا لنتمن هذه السبعة الأيام ونجعل صومنا في الربيع قال فصار خمسين ، وقال مجاهد : كتب الله عز وجل صوم شهر رمضان على كل أمة ، وقيل : أخذوا بالوثيقة فصاموا قبل الثلاثين يوما وبعدها يوما ، قرنا بعد قرن ، حتى بلغ صومهم خمسين يوما ، فصعب عليهم في الحر فنقلوه إلى الفصل الشمسي . قال النقاش : وفي ذلك حديث عن دغفل بن حنظلة والحسن البصري والسدي .
Tidak ada komentar:
Write komentar