DIMANDIKAN ULANG ORANG MENINGGAL KEDUA KALINYA DI HARI ITU ?

 

PERTANYAAN :
Pak Kumis meninggal Dunia hari kamis jam 06.00 pagi hari.dimandikan dan di kafanin selesai jam 09.00.setelah selesai disholatin, tiba-tiba Pak kumis teriak sangat kenceng sekali, sehingga mengagetkan semua yang hadir ternyata Pak kumis hidup lagi, segera saat itu juga diadakan syukuran kehidupan kembali Pak kumis di dunia.
Setelah para pentakziah pulang dengan keheranan atas kejadian unik yang baru saja dilihat dengan mata kepala sendiri, Pak kumis tiba2 merasakan perutnya mules, serasa melilit ususnya segera beranjak ke toilet yang ada dibelakang Rumahnya.ternyata lantai toiletnya sangat licin, dan terpeleset lah Pak Kumis dengan suara yang cukup keras "GEDEBUG"...!! Sehingga menarik perhatian keluarganya yang masih berkumpul setelah dilihat dan diperiksa,Ternyata Jantung Pak Kumis Berhenti berdetak, dia Mati untuk yang kedua kalinya di hari yang Sama.....!!!! (cerita di atas adalah fiktif, kesamaan nama atau gelar hanya kebetulan semata). Pertanyaaannya : Apakah Jenazah Pak Kumis harus dimandikan kembali ? Semuhun. Wassalaamu'alaikum.
JAWABAN :
فرع آخر ] لو مات إنسان موتا حقيقيا وجهز ثم أحيي حياة حقيقية ثم مات فالوجه الذي لا شك فيه أنه يجب له تجهيز آخر خلافا لما توهم ا هـ . وينبغي أن مثله ما لو غسل ميت ميتا آخر . وفي فتاوى حج الحديثية ما حاصله أن [ ص: 442 ] من أحيي بعد الموت الحقيقي بأن أخبر به معصوم ثبتت له جميع أحكام الموتى من قسمة تركته ونكاح زوجته ونحو ذلك ، وأن الحياة الثانية لا يعول عليها لأن ذلك تشريع لما لم يرد هو ولا نظيره بل ولا ما يقاربه ، وتشريع ما هو كذلك ممتنع بلا شك ا هـ : أي وعليه فمن مات بعد الحياة الثانية لا يغسل ولا يصلى عليه وإنما تجب مواراته فقط ، وأما إذا لم يتحقق موته حكمنا بأنه إنما كان به غشي أو نحوه ( قوله : فمحلهما في المسلم غير الشهيد ) أي وإلا في الذمي فتحرم الصلاة عليه ويجوز غسله     نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج

hanya wajib dikuburkan saja.
فمن مات بعد الحياة الثانية لا يغسل ولا يصلى عليه وإنما تجب مواراته فقط ،
Dan harta yg sdah di bagikan ahli waris atau istri menikah lg maka suami tdak ada haq apapun, karena hidup yang ke dua dianggap tidak ada.
ما حاصله أن [ ص: 442 ] من أحيي بعد الموت الحقيقي بأن أخبر به معصوم ثبتت له جميع أحكام الموتى من قسمة تركته ونكاح زوجته ونحو ذلك ، وأن الحياة الثانية لا يعول عليها لأن ذلك تشريع لما لم يرد هو ولا نظيره بل ولا ما يقاربه ، وتشريع ما هو كذلك ممتنع بلا شك ا
Jika sesudah mati, kemudian hidup lagi dgn kehidupan yang haqiqi dan mati lagi untk kedua kalinya, maka wajib bg orang lain mengurus jenazahnya baik memandikan mensholati atau menguburkan.
و لو مات موتا حقيقيا ثم جهز ثم احي حياة حقيقة ثم مات وجب تجهيز اخر  نهاية الزين ١٤٩
" Apabila seseorang mati dgn mati yg haqiqi kemudia dirawat jenazahnya dan ia kemudian hidup lagi dgn kehidupan yg haqiqi lantas ia mati lagi, maka wajib bg yang lain untk mengurus jenazahnya ".
Orang yang hidup lagi setelah ia benar-benar mati dengan khabarnya orang yang ma'shum hal ini menetapkan hukumnya orang yang mati sesungguhnya,seperti hartanya boleh di waritsi ,istrinya boleh menikah lagi dan lain2.sedangkan hidup yang ke dua tidak di anggap.dan bila ia mati lagi setelah huidupnya yang ke dua maka tidak di wajibkan di mandikan,di sholati,namun hanya wajib di kuburkan.
Namun bila mati yang pertama belum jelas maka ia di hukumi belum mati tetapi di anggap sbagaimana orang yang pingsan. Artinya orang yang sudah mati kemudian hidup lagi
أن من أحيي بعد الموت الحقيقي بأن أخبر به معصوم ثبتت له جميع أحكام الموتى من قسمة تركته ونكاح زوجته ونحو ذلك ، وأن الحياة الثانية لا يعول عليها لأن ذلك تشريع لما لم يرد هو ولا نظيره بل ولا ما يقاربه ، وتشريع ما هو كذلك ممتنع بلا شك ا هـ : أي وعليه فمن مات بعد الحياة الثانية لا يغسل ولا يصلى عليه وإنما تجب مواراته فقط ، وأما إذا لم يتحقق موته حكمنا بأنه إنما كان به غشي أو نحوه   إعانة الطالبين ج 2 ص 109
(بعد موت مورثه) وقع السؤال عمن عاش بعد موته معجنزة لنبي أو كرامة لولي لم يعد ملكه اليه انتهى ق ل على المحلي.وقال بعضهم:بالعود لتبين بقاء ملكه لتركته ,وهو محمول على أنه بالإحياء تبين عدم موته:لكنه خلاف الفرض فى السؤال إذ لاتوجد المعجزة إلا بعد تحقق الموت وعند تحققه ينتقل الملك لورثة بالإجماع,فإذا وجد الإحياء كانت هذه حياة جديدة مبتدأة بلا تبين عود ملك,ويلزمه أن نسائه لو تزوجن أن يعدن له,وليس كذالك بل يبقي نكاهن الثاني.والحاصل أن زوال الملك والعصمة محقق وعوده مشكوك فيه فيستصحب زوالهما حتى يثبت ما يدل على العود ,ولم يثبت فيه شئ فوجب البقاء مع الأصل.   حاشية البجيرمي على الخطيب ج3 ص 260
Sedang jika ia ingin kembali bersama istrinya semasa hidup yang pertama maka ia(orang yang hidup kembali) harus mnikahinya lagi jika ingin kembali kepada istrinya. Fokus :
ويلزمه أن نسائه لو تزوجن أن يعدن له,وليس كذالك بل يبقي نكاهن الثاني.
Artinya orang yang sudah mati kemudian hidup lagi maka hidupnya yang ke dua adalah hidup yang baru,dan apapun yang di milikinya tidak bisa di kembalikan. Fokus :

فإذا وجد الإحياء كانت هذه حياة جديدة مبتدأة بلا تبين عود ملك

Tidak ada komentar:
Write komentar